Rabu, 17 Juli 2013

Makalah kelompok 5 cara membuat blog wordpress


MODUL
Cara Membuat Blog Wordpress
Dosen Pengampu : Amin Sukron, MT




Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Praktik Komputer
disemester VI

Disusun Oleh :
Kelompok V
1.      Nur Hidayatus Sholihah    ( 10 234 0014 )
2.      Nofiatun Marianah            ( 10 234  0023 )
3.      Rofi ’Atiqoh                        ( 10 234 0016 )


FAKULTAS TARBIYAH PGMI
INSTITUT AGAMA ISLAM IMAM GHOZALI
CILACAP (IAIIG)
2012 / 2013


WORDPRESS
A. Sejarah Wordpress
Sejarah WordPress bermula saat Matt berusia 18 tahun (tahun 2002). Ketika itu, Matt baru mulai menggunakan fasilitas blog yakni blog b2cafelog. Ia menggunakan blog b2 (bbpress.org) untuk mempublikasi foto-fotonya selama perjalanan ke Washington D.C.
Namun, beberapa bulan kemudian, blog bbpress tempat Matt mempublikasi fotonya berhenti dalam mengembangkan software-nya. Karena kondisi seperti itu, muncullah pemikiran kreatif dari Matt. Pada Januari 2003, Matt Mullenweg mengumumkan melalui blog-nya bahwa dia akan mengembangkan blog b2 sehingga sesuai dengan standar web saat itu. Dengan inisiatif sendiri, Matt bersama Mike Little mulai memgembangkan coding WordPress berbasis b2. Kemudian, Mike dan Matt bersama Michel Valdrighi (mantan pengembang b2), mulai aktif mengembangkan WordPress hingga lahirlah WordPress yang Anda kenal saat ini. Pada 27 Mei 2003, WordPress versi 0.70 dirilis. Versi 0.7 ini masih mengandung struktur file yang sama dengan pendahulunya, b2cafelog.
Pada tahun 2004, nasib buruk menimpa Matt dalam bidang pendidikan formal. Ia drop-out alias DO dan pindah dari Houston ke San Fransisco (California) untuk bekerja pada CNET selama setahun. Pekerjaannya di CNET selama setahun merupakan masa-masa terakhir Matt bekerja di perusahaan. Karena pada usia 21 tahun, Matt telah ‘pensiun muda’ dari perusahaan CNET dan ia menghabiskan waktunya berkarya untuk WordPress. Tidak lama dari masa pensiunnya, ia pun berhasil meluncurkan aplikasi Akismet yang berfungsi memblokir komentar dan trackback yang teridentifikasi sebagai spam.
Di tahun yang sama, Matthew memutuskan WordPress terbuka bagi kalangan umum di seluruh dunia pada November 2005. Di tahun yang sama, Matt meluncurkan Automattic yang menjadi perusahaan bisnis yang mendukung WordPress dan Akismet.Jiwa entrepreneur dan kematangan Matt dalam mengembangkan WordPress dan Akismet telah menghantarkan usahanya masuk ke bisnis profesional.
Kesuksesan Matthew Mullenweg Daya pikir inovatif serta pantang menyerah pada diri seorang Matthew telah membawa dirinya sebagai jutawan muda. Di usia 25 tahun, Matthew Mullenweg telah berhasil menjadi miliader muda dengan kekayaan tidak kurang USD 40 juta (Rp 400 miliar). Ia pun dinobatkan sebagai 16 dari “50 Orang Terpenting di Dunia Internet” oleh PC World pada tahun 20 07. Dari daftar 50 orang tersebut, hanya Matt yang merupakan orang termuda (23 tahun).
Dengan fasilitas yang unik, cepat dan menarik, WordPress berhasil ‘memikat’ jutaan pengguna. Dengan tambahan ribuan blogger serta ratusan ribu posting terbaru tiap harinya, WordPress.com berhasil masuk ke dalam 30 situs teraktif di dunia.
korelasi/manfaat yang diperoleh dari pendidikan politik dan seni [saxophone] terhadap pengembangan software WordPress memiliki dua pengaruh. Pertama, ilmu politik berkontribusi besar pada paradigma software open-source (gratis). Kebanyakan orang yang bekerja dibidang software adalah volunteer (relawan). Mereka bekerja karena mereka menyukai pekerjaannya, bukan karena ditekan atau sejenisnya. Jadi, dalam hal ini prinsip politik adalah tetap membuat mereka senang/bahagia serta menjaga komunitas dimana mereka terlibat langsung Dan perlu memfasilitasinya.
Matt hadir pada Wordcamp Indonesia 2009 pada 17-18 April 2009, dan tujuannya untuk adalah memperkenal WordPress sekaligus mengedukasi kebebasan berekspresi di dunia maya yang benar. Dia beralasan datang ke Indonesia karena Wordpress memiliki daya tarik yang sangat besar dan banyak belajar di Indonesia.
Dengan kata lain, melalui blog dan komunitas yang beragam warna, kepentingan, pandangan dan perbedaan, ada hal yang fundamental yakni kebebasan yang memberi manfaat bagi orang lain [prinsip politik Matt]. Melalui semangat kebebasan ini, WordPress diharapkan bisa memberi inspirasi dan setiap orang dapat mengungkapkan apa saja yang ada dalam pikirannya.

B.  Keunggulan dan Fitur Wordpress

WordPress memiliki banyak keunggulan dan fitur untuk dunia blog, antara lain :
  1. Gratis. Untuk mendapatkan perangkat lunak WordPress hanya perlu mengunduh dari situsnya tanpa dipungut biaya, bahkan untuk blog komersial sekalipun.
  2. Berbasis kode sumber terbuka (open source). Pengguna dapat melihat dan memperoleh barisan kode-kode penyusun perangkat lunak WordPress tersebut secara bebas, sehingga pengguna tingkat lanjut yang memiliki kemampuan pemrograman dapat bebas melakukan modifikasi, bahkan dapat mengembangkan sendiri program WordPress tersebut lebih lanjut sesuai keinginan.
  3. Templat atau desain tampilannya mudah dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Sehingga apabila pengguna memiliki pengetahuan HTML yang memadai, maka pengguna tersebut dapat berkreasi membuat template sendiri. Pengguna yang tidak mengerti HTML, tentu saja masih dapat memilih ribuan template yang tersedia di internet secara bebas, yang tentu saja gratis.
  4. Pengoperasiannya mudah.
  5. Satu blog WordPress, dapat digunakan untuk banyak pengguna (multi user). Sehingga WordPress juga sering digunakan untuk blog komunitas. Anggota komunitas tersebut dapat berperan sebagai kontributor.
  6. Jika pengguna sebelumnya telah mempunyai blog tidak berbayar, misalnya di alamat Blogger, LiveJournal, atau TypePad, pengguna dapat mengimpor isi blog-blog tersebut ke alamat hosting blog pribadi yang menggunakan perangkat lunak WordPress. Dengan demikian pengguna tidak perlu khawatir isi blog yang lama akan menjadi sia-sia setelah menggunakan perangkat lunak WordPress.
  7. Selain pengguna yang banyak, banyak pula dukungan komunitas (community support) untuk WordPress.
  8. Tersedia banyak plugin yang selalu berkembang. Plugin WordPress sendiri yaitu sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, album foto.
  9. Kemampuan untuk dapat memunculkan XML, XHTML, dan CSS standar.
  10. Tersedianya struktur permalink yang memungkinkan mesin pencari mengenali struktur blog dengan baik.
  11. Kemungkinan untuk meningkatkan performa blog dengan ekstensi.
  12. Mampu mendukung banyak kategori untuk satu artikel. Satu artikel dalam WordPress dapat dikatogorisasikan ke dalam beberapa kategori. Dengan multikategori, pencarian dan pengaksesan informasi menjadi lebih mudah.
  13. Fasilitas Trackback dan Pingback. Juga memiliki kemampuan untuk melakukan otomatis Ping (RPC Ping) ke berbagai search engine dan web directory, sehingga website yang dibuat dengan Wordpress akan lebih cepat ter index pada search engine.
  14. Fasilitas format teks dan gaya teks. WordPress menyediakan fitur pengelolaan teks yang cukup lengkap. Fitur – fitur format dan gaya teks pada kebanyakan perangkat lunak pengolah kata seperti cetak tebal, cetak miring, rata kanan, rata kiri, tautan tersedia di WordPress.
  15. Halaman statis (Halaman khusus yang terpisah dari kumpulan tulisan pada blog).
  16. Mempunyai kemampuan optimalisasi yang baik pada Mesin Pencari (Search Engine Optimizer).
C.   Pengertian Wordpress
Wordpress adalah sebuah nama yang dapat kita definisikan secara sederhana sebagai sebuah sistem dokumen website yang dapat dijadikan platform blog, e-commerce, sistem informasi dll. sistem dokumen ini bersifat free dan open source,  artinya semua orang dapat menggunakannya secara bebas dan dapat melakukan pengembangan terhadapnya.
WordPress adalah salah satu CMS yang sangat cepat mengalami perubahan system lebih tepatnya rilis versi wordpress dari satu versi ke versi lainnya sangat cepat, mulai dari versi wordpress Versi 2.0 sampai sekarang wordpress versi 3.0.4
Seyogyanya sebuah software, wordpress mempunyai beberapa fitur sebagai salah satu komponen dan pelengkap dari sebuah aplikasi. Fitur wordpress ini bersifat dinamis, hal ini disebabkan adanya perbaikan bahkan perombakan dari versi lama ke versi yang lebih baru. Namun secara umum fitur wordpress ini dapat dituliskan sebagai berikut:
  1. Merupakan sebuah Content Management System
  2. Lisensi GNU General Public License sehingga dapat didownload secara bebas (gratis)
  3. Support dokumentasi yang lengkap dan komunitas yang banyak
  4. Support dengan berbagai bahasa, bahkan untuk sekarang ini bukan hanya bahasa Indonesia yang telah disupport akan tetapi WordPress dalam bahasa sunda pun sudah tersedia.
  5. Fasilitas pencarian yang komprehensif.
  6. Administrasi dan maintenance sangat mudah
  7. Kemudahan posting dengan dukungan WYSIWYG (What You See Is What You Get) editor.
  8. Kemudahan mengimport data dari sistem blog lainnya.
  9. Menggunakan interface XML RPC yang memungkinkan posting dari mana saja.
  10. Sindikasi otomatis dengan Atom dan RSS
  11. Support kategori dan sub kategori yang tak terbatas.
D. Macam-macam Wordpress

1. Wordpress.com

Wordpress.com adalah media bagi para blogger untuk membuat blog gratisan berbasis wordpress. Seperti blog gratisan lain yang hanya diberi subdomain daro wordpress.com.
Meski dalam hal ini masih diberi kesempatan untuk memodifikasi theme yang terdapat sekitar 100 theme dari berbagai pengembang yang bisa dipilih. Dan juga tidak diizinkan menyimpan link afiliasi dan iklan, juga tidak diperbolehkan penggunaan javascript. Wordpress.com hanya dikhususkan bagi blogger yang ingin menulis saja tanpa embel-embel jualan.
Wordpress.com bisa jadi awalan yang baik bagi yang tertarik ngeblog menggunakan wordpress dengan hosting sendiri karena dapat mengenal habit wordpress. Banyak juga blogger yang terkenal yang bermula dari wordpress.com.

2. Wordpress.org

Wordpress.org adalah sebuah media tempat para pengembang wordpress sharing tentang ilmu mereka yang meliputi theme, forum, plug in dan serba-serbi wordpress. Dan yang paling penting adalah dapat mendownload cms wordpress yang bisa diinstal di localhost maupun di hostingan.
Semua keterbatasan blog di wordpress.com tidak berlaku  pada cms wordpress ini. CMS inilah yang merupakan produk awal wordpress sekaligus melambungkan nama wordpress. Istilah “ Wordpress Berbayar “ sebenarnya kurang tepat karena wordpress tetap gratisan, yang bayar adalah hostingnya.

3. WordpressMU

WordpressMU digunakan jika ingin menyediakan blog wordpress gratisan bagi bloger lain. Blogger yang mendaftar nantinya akan diberi nama subdomain dari domain utamanya. Contoh seperti : bloguser.namadomain.com.
Wordpress.com sebenarnya adalah tipe wordpress jenis ini. Yang berada di Indonesia contoh blog pengguna wordpressMU dalah blogdetik.com. jika mendaftar sebagai pengguna (user0 disebuah situs berbasis wordpressMU sepertt blogdetik, akan mendapat subdomain seperti di wordpresss.com. hanya saja, kelebihannya adalah kita bebas memasang iklan dan link affiliasi serta javascript yang diperbolehkan.

D.  Cara Membuat Blog di Wordprees
Disini, kami akan menjelaskan cara membuat blog di wordpress.com. wordpress merupakan salah satu layanan yang menyediakan blog gratis bagi penggunanya. Walaupun gratis, wordpress.com tak kalah dengan wordpress.org / wordpress self-hosting. Langkah-langkahnya antara lain :
  1.  Jalankan browser Anda kemudian buka http://www.wordpress.com. Tunggu hingga muncul tampilan awal WordPress.com.
  2. Klik Get Started
  3. Isi formulir yang telah tersedia. Jangan lupa untuk mengganti email addressnya
    kemudian klik Create Blog.
  4. Selanjutnya Anda diminta untuk melakukan aktivasi blog dengan cara mengeklik link yang dikirimkan ke email Anda.
  1. Klik link yang ada di pesan email Anda.
  1. Setelah Anda klik link tersebut maka Anda akan langsung menuju suatu halaman. Klik Next Step.


  1. Klik Next Step lagi.

  1. Tahap selanjutnya kamu diminta untuk memberi Judul Blog, Tagline, dan Bahasa pada blog yang baru saja sobat buat. Klik Next Step.
  1. Pilih satu tema yang menurut kamu cocok.



  1. Klik Next Step lagi.



  1. Tekan Finish. Sobat akan dialihkan ke halaman dashboard
12.   selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar